Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (2022)

Apa itu Arsitektur?

Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Pada umumnya, Arsitektur menjadi bagian dari Fakultas Teknik. Uniknya, jurusan ini tidak melulu mengajarkan hal-hal teknik, tapi juga seni dan estetika. Jika kamu melihat bangunan-bangunan indah, itu tidak lepas dari tangan dingin para arsitek hebat yang bisa menggabungkan fungsi, keindahan, dan kekuatan bangunan. Jurusan Arsitektur bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang punya ketertarikan pada desain dan rancang bangunan. Untuk menjadi mahasiswa Arsitektur, kamu paling tidak punya ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, humaiora, sains, dan teknologi.

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

  • 1Matematika Arsitektur
  • 2Estetika Bentuk
  • 3Teknik Komunikasi Arsitektur
  • 4Gambar Teknik
  • 5Arsitektur & Lingkungan
  • 6Ilmu Bahan Bangunan
  • 7Tata Ruang
  • 8Mekanika Teknik
  • 9Arsitektur Etnik
  • 10Pencahayaan
  • 11Seni Rupa
  • 12Kalkulus
  • 13Hukum Lingkungan
  • 14Psikologi Arsitektur
  • 15Azas & Metoda Perancangan
  • 16Perkembangan Arsitektur
  • 17Struktur & Konstruksi
  • 18Fisika Bangunan
  • 19Teknologi Bahan
  • 20Perancangan Arsitektur
  • 21Fotografi Arsitektur
  • 22Utilitas

Karakter Siswa Yang Sesuai

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Tren properti yang masih melaju kencang menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga arsitek masih tinggi.

Diskusi terkait jurusan ini

Apa yang dipelajari di jurusan ini ?

Membentuk pola pikir didalam merancang sehingga desain yg dihasilkan tepat sasaran.

19 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (1) Lihat 20 jawaban lainnya

Alasan kenapa memilih jurusan ini ?

Jurusan arsitektur ini dapat dikatakan sebagai jurusan yang sangat fleksibel. Jurusan ini memang termasuk sebagai jurusan eksak tetapi pada kenyataannya yang dipelajari tidak hanya mengenai hal-hal yang eksak atau berbau sains, aspek sosial masyarakat dan seni juga sangat erat dengan jurusan arsitektur. Proporsi aspek sains, sosial, dan seni di jurusan arsitektur dapat dikatakan seimbang. Jadi, untuk kalian yang memiliki background IPA tapi merasa cenderung skill IPS dan seninya lebih tinggi sangat tidak masalah jika memilih jurusan ini. Dijamin tidak akan kesulitan untuk mengikuti dan beradaptasi dalam semua proses perkuliahannya. Mata kuliah yang sangat "matematika" pun hanya diajarkan di semester 1 dan 2, itu pun tidak seperti matematika murni tetapi dikombinasikan dengan fisika yang tentu masih ada kaitannya dengan arsitektur. Tapi, inti keilmuan arsitektur bukan terletak pada hal-hal yang bersifat "matematika" tersebut, hanya sebagai pengetahuan umum untuk mempertajam logika struktur pada desain-desain arsitektur.Kemudian bagi kalian yang merasa tidak berbakat dalam bidang menggambar, jangan khawatir. Di jurusan arsitektur, hasil karya desain arsitektur tidak hanya dapat divisualisasikan melalui hasil gambaran tangan, tetapi juga dapat divisualisasikan dengan aplikasi arsitektur di komputer. Selain itu, kalian juga akan diajarkan teknik-teknik dasar menggambar sehingga semakin meningkatkan skill menggambar kalian. Jadi, jika merasa kemampuan gambaran tangan kalian tidak cukup baik maka kalian dapat memaksimalkan kemampuan kalian dalam menguasai berbagai macam aplikasi komputer arsitektur.

56 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (3) Lihat 19 jawaban lainnya

Mata kuliah penting ?

Dasar Perancangan,Teknologi Bangunan,Perancangan Arsitektur

4 orang menyukai ini

Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini ?

Seni Budaya;Matematika;Teknologi Infomasi dan Komunikasi;Prakarya/Kerajinan Tangan;Fisika;Geografi;Bahasa Inggris

6 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (7) Lihat 20 jawaban lainnya

Tugas kuliah dan ujian yang umum di dalam jurusan ?

Jika membahas tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan selama kuliah di jurusan arsitektur, tentu sangat beragam. Tetapi yang menjadikan jurusan arsitektur ini khas dan berbeda dengan jurusan yang lain adalah format tugasnya yang selalu membutuhkan kertas yang lebar, minimal kertas A3. Bahkan tugas yang membutuhkan kertas ukuran A0 pun ada. Oleh karena itu, mahasiswa jurusan arsitektur identik dengan benda berbentuk tabung panjang yang berisi berlembar-lembar gulungan kertas berukuran lebar, hasil kerja keras begadang hingga pagi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Selain itu, ada tugas lain yang sangat khas dan unik, yaitu maket. Maket adalah miniatur suatu desain bangunan yang disajikan dalam skala tertentu. Ya, maket ini berguna untuk memvisualisasikan hasil desain arsitektur dalam bentuk nyata (bukan gambar) dengan ukuran yang lebih lecil. Dengan adanya maket maka mempermudah para dosen untuk menikmati desain arsitektur tersebut dari berbagai arah. Tapi sekali lagi, kalau tidak begadang bukan mahasiswa arsitektur namanya. Sering kali untuk menyelesaikan tugas membuat maket diperlukan ketahanan untuk tidak tidur demi terciptanya maket yang sempurna. Walaupun tugas datang tak henti-henti, deadline tugas yang selalu menghantui, sering begadang sampai pagi, tapi itulah mahasiswa arsitektur, yang membedakan mahasiswa arsitektur dengan mahasiswa jurusan-jurusan lain. Proses tempaan yang mungkin hasilnya tidak akan dirasakan ketika kuliah tetapi pasti akan berguna untuk masa-masa setelah lulus kuliah, terutama ketika sudah bekerja dan menjalani hidup yang sesungguhnya. Masa-masa tempaan itu juga akan menjadi masa-masa yang sangat patut dikenang bersama teman-teman seperjuangan kalian di arsitektur.Lalu bagaimana dengan format ujiannya? Sering kali ujian di Jurusan arsitektur bukan seperti ujian soal tanya jawab yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam, tetapi berupa tugas besar yang terdiri dari berlembar-lembar kertas berukuran besar berisi gambar hasil desain arsitektur yang diselesaikan dalam waktu satu minggu, satu bulan, hingga satu semester.

22 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (9) Lihat 20 jawaban lainnya

Peminatan/program studi pada jurusan ?

Alur Desain,Alur Riset

2 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (11) Lihat 20 jawaban lainnya

Di Semester berapa mahasiswa memilih peminatan ?

Semester 3

1 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (13) Lihat 17 jawaban lainnya

Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan jurusan ini ?

Wah, banyak. Hahaha1. Bidang Arsitektur-Biro : cenderung untuk orang-orang yang suka proses desain-Kontraktor : cenderung untuk orang-orang yang suka kerja lapangan-Pengembang : ini maksudnya kaya pengembang real estate gitu2 ya-Industri Bahan Bangunan : buat yang suka material bangunan-Publikasi Arsitektur : buat yang suka nulis, mengkritik, mengkaji teori, tertarik sama majalah ataupun sama website arsitektur-Perusahaan industri konstruksi lain, seperti konsultan MK, manajemen fasilitas, dll.-Jadi Dosen-Jadi PNS bidang Kemen PUPR2. Bidang Arts & DesignIni biasanya untuk yang agak2 melenceng ke Seni Rupa, lebih suka bagian Seni dari arsitektur. Biasanya suka melenceng jadi ini :-Desain Produk Komersial dan Industri-Desain Interior-Desain Grafis-Perancang Pameran-Perancang Panggung-UI/UX Designer-Photography/Videography-dsb.3. PsychologyBiasanya bisa jadi ahli psikologi bangunan. Semacam ahli feng shui gitu.4. Bidang lainnyaBanyak kok prospeknya arsitektur itu. Pada dasarnya arsitektur itu setengah teknik setengah art kan, jadi bisa nyambung ke dua-duanya. Misalnya di jurusan entertainment yang tidak ada hubungannya dengan arsi sama sekali ada yang bisa jadi penyanyi semacam Tulus dan Ariel NOAH atau bisa jadi aktor macam Nicholas Saputra dan Brad Pitt. Banyak juga yang melenceng jadi penulis. Atau mau melenceng ke teknik, jurusan matematika, seperti Art Garfunkel?Jadi pegiat environment a la Hamish Daud juga bisa, apalagi kita banyak mempelajari tentang lingkungan. Temen-temen saya juga banyak yang melenceng ke bisnis. wkwkwSaking banyaknya bidang yang bisa dimasukin malah jadi bingung kadang tuh mau jadi apa

7 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (15) Lihat 20 jawaban lainnya

Dimana dan sebagai apa alumni jurusan ini bekerja ?

Bisa di Firma/konsultan arsitektur sebagai arsitek,Bisa di konsultan perencana sebagai Manajemen KonstruksiBisa di Firma/konsultan interior sebagai desainer interiorBisa di konsultan lighting sebagai desainer pencahayaanBisa di industri perfilman sebagai Art developmentBisa di industri kreatif lainnya sebagai creative directorBisa di perusahaan animasi/game sebagai 3D artistDan lainnya.

3 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (17) Lihat 20 jawaban lainnya

Kemampuan yang memudahkan kuliah dijurusan ini ?

-Memahami simbol, huruf, diagram, gambar-Membayangkan ruang dan bentuk-bentuk tiga dimensi-Kreatifitas-Menggambar

2 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (19) Lihat 20 jawaban lainnya

Kumpulan Sifat yang mendukung kuliah di jurusan ini ?

-Punya banyak ide dan bersemangat mewujudkan idenya; Mudah melihat dan menjelaskan pola; Memiliki standar yang tinggi mengenai performa diri sendiri maupun orang lain

2 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (21) Lihat 20 jawaban lainnya

Sifat-sifat lainnya yang mendukung kuliah di jurusan ini ?

Berani mengeksplorasi kreativitas

1 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (23) Lihat 17 jawaban lainnya

Gaya kerja yang mendukung kuliah di jurusan ini ?

-Lebih suka dan optimal bekerja dalam kelompok-Teliti-Bisa bekerja dibawah tekanan

0 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (25) Lihat 20 jawaban lainnya

Jurusan yang “mirip” dengan jurusan ini ?

Teknik Sipil pastinya. karena dalam suatu rancangan kita memerlukan suatu perhitungan yang pas dalam membangun. Bedanya jurusan ini dengan arsitektur adalah, kalau diadalam teknik sipil kita tidak diajarkan tentang estetika, oleh karena itu biasanya lebih bersifat kaku.Desain Interior. jurusan ini adalah bagian dari arsitektur juga namun, bedanya dalam jurusan ini kita hanya fokus estetika dalam ruangan saja dan tidak memperhatikan luar bangunan.

5 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (27) Lihat 20 jawaban lainnya

Miskonsepsi umum tentang jurusan ini ?

Ih, keren ya bisa bangun rumahpercayalah, bangun rumah itu bukan cuma modal keren.

3 orang menyukai ini

Pengalaman kamu sangat berharga. Apakah ada pesan dan saran buat adik-adik yang akan mengambil jurusan ini ?

Jika kamu sudah memiliki kegigihan dalam menekuni bidang ini, itu saja sudah cukup kok.Karena nanti saat di perkuliahan maupun di dunia kerja, akan ada 1000 alasan untuk menyerah tapi kamu cuma butuh 1 alasan untuk bertahan :)

9 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (31) Lihat 14 jawaban lainnya

Menurutmu, apa khas dari jurusanmu ini dibandingkan dengan jurusan yang sama di kampus lain ?

Jurusan yang mencakup banyak aspek, dari kebutuhan manusia, seni, hingga hal teknikal seperti cara pembangunan bangunan yang sudah dirancang.

2 orang menyukai ini

Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Rencanamu (33) Lihat 4 jawaban lainnya

Lihat semua diskusi

Profesi dan Karir Lulusan Arsitektur

  • Manajer Arsitektur dan Insinyur
  • Arsitek
  • Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah
  • Manajer Konstruksi
  • Arsitek Lanskap
  • Perencanaan Kota dan Wilayah
  • Drafter Arsitektur
  • Pengawas Konstruksi dan Bangunan
  • Desainer Interior
  • Ahli Peta Geografi

Jurusan Terkait Arsitektur

  • Teknik Sipil
  • Desain Furnitur
  • Desain Interior
  • Arsitektur Lanskap

Kampus Terkait

  • Universitas Brawijaya Negeri
  • Universitas Indonesia Negeri
  • Institut Teknologi Bandung Negeri
  • Universitas Hasanuddin Negeri
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember Negeri
  • Universitas Udayana Negeri
  • View More

Artikel Terkait Jurusan Ini

  • 5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Hobi Menggambar
  • Kenalan dengan Program Studi Arsitektur
  • Realita Jurusan Kuliah yang Sering Dianggap Gampang Padahal Aslinya Sibuk Banget

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Manual Maggio

Last Updated: 07/23/2022

Views: 5683

Rating: 4.9 / 5 (69 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Manual Maggio

Birthday: 1998-01-20

Address: 359 Kelvin Stream, Lake Eldonview, MT 33517-1242

Phone: +577037762465

Job: Product Hospitality Supervisor

Hobby: Gardening, Web surfing, Video gaming, Amateur radio, Flag Football, Reading, Table tennis

Introduction: My name is Manual Maggio, I am a thankful, tender, adventurous, delightful, fantastic, proud, graceful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.