Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional dan 22 Lembaganya (2022)

tirto.id - Kerjasama ekonomi internasional adalah kerjasama antar-negara yang bertujuan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi antar-anggota. Adapun bentuk kerjasama ekonomi internasional secara umum dapat dibagi menjadi empat jenis. Sementara lembaga-lembaga kerjasama ekonomi internasional terorganisasi dalam banyak lembaga, yang setidaknya terdiri dari 22 lembaga.

Kerja sama antar-negara merupakan hubungan antara negara satu dengan negara lain melalui kesepakatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Kerja sama antar-negara dilatarbelakangi oleh perbedaan serta persamaan dari negara tersebut

Dikutip dari e-modul Kemdikbud.go.id, tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kesejahteraan penduduk dengan melakukan kegiatan yang bersifat mendorong peningkatan pertumbuhan nasional.


Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional


Kerja sama ekonomi internasional dilakukan demi memenuhi kebutuhan suatu negara dari negara lain dengan sifat saling menguntungkan.

Mengutip Modul Pembelajaran SMA Ekonomi Kelas XI terbitan Kemdikbud, pengertian kerja sama ekonomi internasional adalah kerja sama yang menunjukkan hubungan antarnegara dalam bidang ekonomi dengan dasar kepentingan tertentu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Kerja sama tersebut penting dilakukan mengingat setiap negara tidak bisa dipisahkan dari negara-negara lainnya. Mengapa setiap negara memerlukan kerja sama ekonomi internasional?

Alasan Negara Memerlukan Kerjasama Ekonomi Internasional

Penyebabnya karena setiap negara memerlukan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya. Perlu dicatat, bahwa tidak ada negara yang mampu memenuhi kebutuhan dalam negerinya secara penuh sendirian.

Kondisi geografis, sumber daya alam, dan sumber daya manusia yang berlainan membuat semua negara di dunia memerlukan suplai kebutuhan dari wilayah lain. Konteks inilah yang memicu kerja sama ekonomi antarnegara.

(Video) Kerjasama Ekonomi Internasional - Mapel Ekonomi Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 4 Pekalongan

Namun, cakupan kerja sama ekonomi ini jauh lebih luas dari sekadar perdagangan internasional. Di dalamnya terjadi kerja sama ekonomi antara 2 atau beberapa negara sekaligus dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan, sampai struktur kegiatan ekonomi nasional.

Kendati demikian, hasil paling umum dari pelaksanaan kerja sama ekonomi internasional memang berupa perdagangan. Tujuan perdagangan internasional juga memenuhi untuk kebutuhan masing-masing negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Dengan bekerja sama, negara-negara mengikatkan diri dalam perjanjian perdagangan atau bidang perekonomian lain, dengan mengandalkan keunggulan komparatif ataupun kompetitifnya.

Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

Merujuk penjelasan dalam buku Ekonomi SMA/MA Kelas XI (2009), kegiatan kerja sama ekonomi internasional selama ini berada di bawah pembinaan dan pengawasan Dewan Ekonomi dan Sosial atau Economic and Social Council (ECOSOC) yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). ECOSOC memiliki lingkup kerja dalam mengoordinasikan pekerjaan yang berkaitan di bidang ekonomi dan sosial.

Sementara ECOSOC diawasi oleh Majelis Umum (General Assembly). Tugas Majelis Umum adalah memberikan rekomendasi pada penanganan masalah pembangunan, perdagangan, kependudukan, industri, konservasi energi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan sebagainya.

Banyak negara selama ini melakukan kerja sama ekonomi internasional karena menilai ada potensi pertukaran manfaat. Selain itu, pertukaran manfaat tersebut dapat terjadi antara negara maju dan berkembang, ataupun sesama negara maju dan negara berkembang.

Kerja sama antara negara maju dengan negara berkembang bisa diwujudkan dalam bentuk tukar-menukar barang mentah dengan barang jadi, atau pertukaran barang mentah dengan modal dan tenaga ahli. Sedangkan kerja sama sesama negara maju bisa diwujudkan dalam rupa pertukaran tenaga ahli serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Secara umum, bentuk kerja sama ekonomi internasional dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

(Video) #BELBAREKO Kerjasama Ekonomi Internasional

1. Kerja sama ekonomi bilateral

Kerja sama ekonomi bilateral melibatkan 2 negara dan bersifat saling membantu. Misalnya, kerja sama Indonesia-Amerika untuk perdagangan komoditas perkebunan, atau kerja sama Indonesia-Malaysia, dan sebagainya.

2. Kerja sama ekonomi regional

Kerja sama ekonomi regional dilakukan oleh beberapa negara yang berada di kawasan tertentu. Misalnya, kerja sama ekonomi antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), kerja sama ekonomi antara negara-negara di kawasan Eropa (MEE), kerja sama ekonomi antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik (APEC), dan sebagainya.

3. Kerja sama ekonomi multilateral atau internasional

Kerja sama ekonomi multilateral adalah kerja sama yang melibatkan banyak negara dan tidak terikat batasan wilayah (region) atau kawasan negara tertentu. Contohnya, kerja sama negara-negara penghasil minyak (OPEC), kerja sama perdagangan antar negara (WTO), kerja sama keuangan internasional (IMF), dan sebagainya.

4. Kerja sama ekonomi antar-regional

Dalam kerja sama ekonomi ini terjalin antara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Misalnya yaitu terjalin kerja sama ekonomi antara MEE dengan ASEAN.

(Video) SOAL PEMBAHASAN EKONOMI BENTUK KERJASAMA INTERNASIONAL (EKONOMI) #Ekonomi #KERJASAMAINTERNASIONAL

Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional dan 22 Lembaganya (1)

Infografik Bentuk Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional. tirto.id/Fuad



22 Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kerja sama ekonomi internasional selama ini terorganisasi dalam banyak lembaga. Berikut daftar 22 lembaga kerja sama ekonomi internasional.

  1. ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Persatuan negara-negara Asia Tenggara. ASEAN adalah kerja sama negara-negara untuk kestabilan politik, ekonomi dan sosial budaya di Asia Tenggara yang didirikan tanggal 8 Agustus 1967.
  2. IMF (International Monetary Fund) atau Dana Moneter Internasional. Lembaga ini lahir pada tanggal 27 Desember 1945 setelah diadakan Konferensi di Bretton Woods, AS, dengan maksud untuk melancarkan kembali moneter internasional.
  3. IBRD (International Bank for Reconstruction and Development) atau World Bank (Bank Dunia). Bank Dunia didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dengan tujuan membantu pembiayaan usaha-usaha pembangunan dan perkembangan negara-negara anggotanya dengan memudahkan penanaman modal untuk tujuan yang produktif.
  4. ITO (International Trade Organization) atau Organisasi Perdagangan Internasional atau WTO (World Trade Onganisation). WTO Merupakan organisasi perdagangan di dunia yang bertujuan untuk mengatur persaingan sehat dalam perdagangan internasional, dan meningkatkan volume perdagangan dunia.
  5. IFC (International Finance Corporation) atau Badan Keuangan Internasional. IFC didirikan pada tanggal 24 Juli 1956 bertugas memberikan pinjaman ke pengusaha swasta dan membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara- negara sedang berkembang.
  6. IDA (International Development Association) atau Perhimpunan Pembangunan Internasional. IDA didirikan tahun 1960 di Washington DC, Amerika Serikat, dengan tujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi negara-negara yang sedang berkembang dan memberi pinjaman dengan syarat pinjaman yang ringan.
  7. UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) atau Konferensi PEB tentang perdagangan dan Pembangunan. UNCTAD didirikan dengan maksud mengusahakan kemajuan perdagangan dunia dan mengatur komoditi, hasil industri, pengalihan teknologi, perkapalan dan lain-lain.
  8. ILO (International Labour Organisation) atau Organisasi Buruh Sedunia. ILO didirikan dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian melalui keadilan sosial, perbaikan nasib buruh, stabilitas ekonomi sosial dan menyusun hukum perburuhan.
  9. UNDP (United Nations Development Program) atau Program Pengembangan PBB. UNDP merupakan suatu badan yang memberikan sumbangan untuk membiayai pembangunan di negara berkembang dan menangani program pengalihan teknologi.
  10. UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) atau Organisasi pengembangan Industri PBB. UNIDO didirikan dengan tujuan untuk pengembangan industri seperti pembukaan lapangan baru di bidang industri, perbaikan sistem industri yang masih ada dan lain-lain.
  11. APO (Asian Productivity Organization) Didirikan pada tahun 1961 dengan maksud untuk meningkatkan peranan produktifitas dan pengembangan ekonomi, serta meningkatkan usaha-usaha di bidang kegiatan tertentu khususnya pertanian dan perindustrian.
  12. ADB (Asian Development Bank) atau Bank Pembangunan Asia. Tujuan didirikannya ADB adalah meminjamkan dana dan memberikan bantuan teknik kepada negara-negara yang sedang berkembang.
  13. OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) atau Organisasi negaranegara Pengekspor Minyak. OPEC didirikan di tahun 1960 dengan tujuan menghimpun negara-negara penghasil dan pengekspor minyak, menjaga kestabilan harga minyak, menghindarkan persaingan antara negara penghasil minyak, dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan minyak di seluruh dunia.
  14. APEC (Asian Pacific Economic Cooperation). APEC didirikan pada November 1989 yang merupakan gabungan negaranegara Asia Pasifik / Selatan (negara sedang berkembang) dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keadaan ekonomi negara anggotanya.
  15. AFTA (Asean Free Trade Area) atau Kawasan Pendagangan Bebas Asia Tenggara. AFTA menupakan organisasi pendagangan bebas ASEAN dengan maksud untuk mengantisipasi era perdagangan bebas dunia.
  16. NAFTA (North American Free Trade Agreement) atau Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara. Badan ini didirikan untuk memajukan dan meningkatkan perdagangan di kawasan Amerika Utara.
  17. GATT (General Agreement on Tariff and Trade) atau sering disebut juga Putaran Uruguay. GATT merupakan organisasi perdagangan dunia yang didirikan tahun 1947. Kemudian GATT diganti jadi WTO sejak tahun 1995.
  18. IDB (Islamic Development Bank) atau Bank Pembangunan Islam. IDB didirikan tanggal 23 April 1975, dengan tugas utama untuk membantu negaranegara anggota, yaitu negara-negara Islam dalam meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi dan sosial. Iuran dan setonan anggota IDB dinyatakan dalam satuah ID (Islamic Dinar).
  19. ASEM (Asia Europe Meeting). ASEM yang berdiri pada tahun 1996 merupakan forum kerja sama negara Asia dan Eropa untuk memelihara perdamaian global, stabilitas, dan kemakmuran yang bertujuan untuk memajukan kegiatan perdagangan dan investasi lebih besar antara dua kawasan.
  20. Semula bernama G7 (Group of Seven) dan kemudian menjadi G20 (Group of Twenty). G7 dibentuk dari gagasan Presiden Prancis dan Kanselir Jerman pada tahun 1970 dan beranggotakan 7 negara maju (industri). Pada tahun 2009 anggotanya bertambah, sehingga namanya berubah menjadi G20.

Daftar anggota G2O adalah Amerika Serikat, Kanada, Perancis, China, Inggris, Jerman, Italia, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Brasil, Argentina, Turki, Afrika Selatan, India, Arab Saudi, Indonesia, dan Australia.

Baca juga:

  • Apa Saja Bentuk Kerja Sama Negara Maju dan Berkembang?

Baca juga artikel terkait KERJA SAMA EKONOMI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar

(Video) Pertemuan 9 Kelas 11 IPA

(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar

Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Ibnu Azis

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional. Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional. 1. ASEAN Association of Southeast Asian Nations . Kawasan ...

Hasil pencarian yang cocok: 28 Sep 2021 — Hal itu karena kerja sama tersebut merupakan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, ... .... Hasil pencarian yang cocok: Bentuk-Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional — Kerjasama ekonomi bilateral atau kerjasama ekonomi antar dua negara.. Salah satunya adalah kerjasama di bidang ekonomi.. Tujuan utama kerjasama ASEAN di bidang ekonomi adalah pembentukan pasar dan peningkatan produksi.. Berikut contoh-contoh kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi: Kawasan Perdagangan Bebas (ASEAN Free Trade Area atau AFTA).. Dan berikut ini merupakan bentuk kerjasama Asean di bidang ekonomi Negara ASEAN Sebelum Anda masuk ke bahasan kerja sama ASEAN di bidang ekonomi, ada baiknya Anda mengetahui sekilas tujuan terbentuknya negara ASEAN.Association of Southeast Asian Nations atau biasa disebut dengan ASEAN, adalah sebuah organisasi geo poli. Ringkasan: Perbesar Ilustrasi Kerja Sama Ekonomi Internasional (sumber: freepik)Liputan6.com, Jakarta Manfaat kerja sama ekonomi internasional penting dalam perkembangan suatu negara.. Hasil pencarian yang cocok: 19 Agu 2021 — Kerja sama ekonomi internasional termasuk bentuk kerja sama yang banyak dibangun antar negara di dunia.

Kerjasama ekonomi internasional adalah suatu kegiatan saling tolong menolong antarnegara ✓ Yuk simak materinya

Dengan adanya kerjasama ekonomi internasional, setiap negara bisa menambah devisa sehingga pertumbuhan dan kestabilan ekonomi bisa dicapai.. Adanya, TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri adalah salah satu contoh manfaat dari kerjasama ekonomi dengan negara lain.. Manfaat kerjasama ekonomi internasional ini adalah memenuhi permintaan dalam negeri sehingga harga lebih stabil dan terjangkau oleh masyarakat.. Bahkan, kerjasama ekonomi internasional juga bisa mempercepat pembangunan sarana dan prasarana di suatu negara karena kegiatan ini membutuhkan jangka waktu yang panjang.. Kerjasama bilateral adalah kerjasama yang terjadi di antara dua negara untuk melakukan kegiatan ekonomi yang saling menguntungkan.. Kerjasama regional adalah kerjasama yang terjadi di antara beberapa negara yang terletak di kawasan tertentu seperti ASEAN, APEC, dan AEE.. Kerjasama Multilateral atau Internasional adalah kerjasama yang terjadi di antara banyak negara tanpa memandang kawasan/wilayah tertentu sehingga cakupannya lebih luas.. Kerjasama ekonomi antarregional adalah kerjasama yang terjadi di antara dua atau lebih dari dua kawasan/regional.

KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL Kerja sama ekonomi Internasional adalah kerja sama antara negara satu dengan negara lain dalam bidang ekonomi. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi antar negara. ... Baca Berita IniKesimpulan Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional

KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL Kerja sama ekonomi Internasional adalah kerja sama antara negara satu dengan negara lain dalam bidang ekonomi.. Pengertian Kerjasama Internasional Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia.. Pengertian Kerja Sama Antarnegara Kerja sama ekonomi internasional adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu dengan memegang prinsip keadilan dan saling menguntungkan.. Pengertian Kerjasama Internasional Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan kepentingan negara-negara di dunia.. Mendeskripsikan kerja sama ekonomi internasional Menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama ekonomi Menyajikan bentuk dan manfaat kerja sama ekonomi internasional Mata Pelajaran EKONOMI Alokasi Waktu 4 x 45 menit Pertemuan ke Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Sekolah SMAN 1 X KOTO DIATAS KelasSemester XI 1 RPP EKONOMI KLS XI KD.. Setiap negara di dunia semakin sadar akan perlunya kerja sama antarbangsa tidak hanya terbatas pada perdagangan saja akan tetapi meluas pada usaha-usaha untuk ikut aktif dalam pembangunan ekonomi Atas kesadaran tersebut maka banyak muncul bermacam-macam lembaga kerja sama ekonomi baik dalam bentuk bilateral regional maupun internasional seperti yang di jabarkan di atas.. Kesimpulan – Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia – Bentuk-bentuk kerja sama internasional antara lain kerja sama bilateral kerja sama regional dan kerja sama multilateral – Hubungan kerjasama antar negara internasional di dunia.. Pengertian Dan Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Ekonomi Kelas 11

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi (Halaman 5) - BELAJAR KURIKULUM 2013. Bentuk Kerja Sama Bidang Ekonomi Antara Indonesia dan Negara ASEAN - Semua Halaman - Bobo. Bentuk Kerjasama Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama dengan Negara di Asia Tenggara Sosial Budaya. 3 Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi | kumparan.com. Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Lain di Berbagai Bidang | kumparan.com. 5 Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara ASEAN dalam Bidang Pendidikan | kumparan.com. √ 10 Contoh Kerjasama Internasional dalam Berbagai Bidang | DosenPPKN.com. Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan. 5 Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara ASEAN dalam Bidang Pendidikan | kumparan.com. Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Lain di Berbagai Bidang | kumparan.com. Bentuk Kerjasama Indonesia Dengan Negara Asean - Seputar Bentuk. Apa bentuk kerjasama indonesia dengan negara di asia tenggara di bidang sosial dan budaya

Bahasan pengertian kerjasama ekonomi menurut para ahli bentuk manfaat contohnya BACA BERekonomi.Com

Kerjasama itu memiliki manfaat yang banyak bagi negara yang melakukan kegiatan ekonomi tersebut.. Kerjasama yang dilakukan demi kemajuan negara dan mengatasi permasalahan ekonomi yang ada di dalam negeri.. Kerjasama ini dapat membuat suatu negara saling belajar dengan negara lain, sehingga akan mengatasi masalah yang ada.. Kerjasama ekonomi adalah bentuk kerjasama yang berkitan dengan kegiatan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi secara pribadi.. Perusahaan persekutuan adalah suatu perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dengan maksud kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.. Negara yang tergabung dalam kerjasama ini ialah negara dengan kekuatan tingkat menengah.. Negara yang tergabung dalam organisasi ini ialah sebanyak 14 negara.

Videos

1. Webinar Implementasi Kerjasama Internasional Merespon Peluang & Tantangan Pembangunan Berkelanjutan
(International Relations UMM)
2. Kerjasama Desa Dalam Pembangunan Kawasan Perdesaan
(Sutoro Eko Yunanto)
3. SDGs Kelompok 6
(Santa Risma)
4. Webinar HORI ke-75 "Peran INSW dalam Fasilitasi Perdagangan Internasional"
(Lembaga National Single Window)
5. Video Full satu jam (kegiatan mandiri) ppl ppg ekonomi siklus 1 pertemuan 2
(Anggun N)
6. Mencari Bentuk Ekomomi Islam #JemberMuPodcast 70
(Negeri Indah Adil Makmur)

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Gregorio Kreiger

Last Updated: 09/20/2022

Views: 5299

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Gregorio Kreiger

Birthday: 1994-12-18

Address: 89212 Tracey Ramp, Sunside, MT 08453-0951

Phone: +9014805370218

Job: Customer Designer

Hobby: Mountain biking, Orienteering, Hiking, Sewing, Backpacking, Mushroom hunting, Backpacking

Introduction: My name is Gregorio Kreiger, I am a tender, brainy, enthusiastic, combative, agreeable, gentle, gentle person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.